WELCOME EMANUEL GERE BLOG

WELCOME MY BLOG

Kamis, 03 Maret 2011

Memilih kamera DSLR

begitu banyak penggemar photography dewasa ini, mungkin hal itu yang membuat agan tertarik untuk ikut gabung serta didalamnya, setelah agan sedikit diperlihatkan photo photo yg cantik di mata agan.

Tapi Gan, jangan berangkat beli DSLR dari hal diatas lho …, bahwa membeli DSLR dengan harapan photo photo agan akan lebih bagus hasilnya adalah salah. ane katakan salah karena sebenarnya DSLR hanya memberikan pilihan pengaturan / setting pada kamera yg lebih luas dari pada kamera saku/compact kamera.

jika agan saat ini belum menguasai betul kamera saku agan, mendingan jangan beli kamera DSLR terlebih dahulu. saran ane, pelajari betul kamera saku agan, sampai agan menemukan / mentok pada suatu setting tertentu yg membuat kreativitas agan tidak berkembang.

contoh kasus, ane dulu pemegan kamera pocket nikon coolpix, ane suka keluar malam (kaya kelelawar) motret malam malam. dari sana ane mentok pada settingan kamera saku ane, bahwa saat ane pengin long exposure -katakanlah 7 detik maksimum yg mampu di capai kamera saku tersebut- ane terpaksa memakai buaan terbesarnya, misalnya f/2.8 , padahal saya berpikir bahwa dengan f/2.8 ane gak bisa mendapatkan ruang tajam yg luas.

dari situ lah ane tau betul selera motret ane dengan kemampuan kamera saku, barulah ane pindah ke DSLR.

tapi sekali lagi ya gan, sejauh kamera saku masih belum agan kenali dengan baik & agan belum merasa mentok dengan kamera saku tersebut, lebih baik agan bertahan di kamera saku.

jangan minder untuk hobby photography dengan kamera saku, seperti yang pernah ane utarakan sebelumya bahwa kamera saku bisa memproduksi hasil yg bagus bagus, seperti pernah diperlihatkan teman ane -Pak pryadi- dengan photo photo makro nya hanya dengan kamera saku.

tapi boleh juga jika agan loncat, sebelumnya gak punya kamera saku dan langsung ingin beli DSLR, dengan catatan agan harus membaca manual book begitu membuka kardus kamera DSLR yang baru. baca dengan tuntas. walaupun hal tersebut tidak menjamin agan akan menghasilkan photo photo bagus, akan tetapi agan akan mengenali kamera DSLR agan dengan baik, dan tahu bagaimana mensetting kamera tersebut.

photography tidak bisa lepas dari teknik photography, agan harus banyak banyak membaca bagian bagian kamera dan seluk beluknya sambil praktek langsung, kan sekarang tidak ada lagi alasan mahal karena film negatif.

jika memang agan kebelet untuk membeli kamera DSLR, ane sarankan belilah yang sesuai budget agan, jika budget agan saat ini 100%, investasikan 70% untuk kamera DSLR, karena kedepannya tentu agan akan menginginkan lensa yang lainnya. lensa yang lebih baik ini pun tidak menjamin agan akan menghasilkan photo yang bagus, karena lensa yg mahal biasanya hanya menjajikan ketajaman yg baik, lain halnya dengan hasil photo.

perlu diingat juga gan, bahwa peruntukan lensa itu macam macam, ada lensa wide untuk landcape photography, lensa makro untuk photo photo makro, lensa tele untuk motret yg jauh jauh, dll. walapun lensa tersebut peruntukannya masing masing bukan berarti lensa tersebut tidak multi fungsi, bisa croos function tapi mungkin terbatas.

kesimpulannya gan, jika memang kebelet memebli kamera DSLR, belilah yg sesuai budget, entry level DSLR dulu saja. kemudian nanti lihat perkembangan minat photography agan lebih ke mana, sembari menabung untuk investasi lensa.

demikian gan, semoga mencerahakn, tulisan ini termotivasi dari teman di twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar