WELCOME EMANUEL GERE BLOG

WELCOME MY BLOG

Minggu, 24 Oktober 2010

Tips Merawat dan Memakai Kamera Panasonic MD9000

Tips Merawat dan Memakai Kamera Panasonic MD9000

Berikut Tips yang saya rangkum sendiri berdasarkan pengalaman pribadi :

1. Jangan tingalkan kaset di dalam kamera saat tidak digunakan. Kaset bisa menyebabkan gesekan pada head hal ini bisa mengakibatkan masalah pada proses merekam dan memutar.

2. Kalau bisa pergunakan kamera hanya untuk fasilitas record saja, capture gambar pakailah camcoder kecil (handycame) apalagi menggunakan fasilitas pemutar cepat (me-rewinder dan reverse) di kamera, Gesekan pita pada head saat rewinder membuat membuat tipis permukaan head juga dapat merontokan gigi mekanik kamera MD anda. Kamera MD9000 beda dengan kamera MD10000 yang telah mengalami perubahan pada bahan mekaniknya, asal tau aja mekanik MD9000 hampir 70% memakai plastik maka dari itu belilah alat khusus rewinder seharga 200ribuan.

3. Jangan terlalu sering memakai fasilitas manual pada kamera, kecuali kalau memang benar-benar diperlukan soalnya bagian tombol pengaturan yang diputar dan ditekan itu gampang rusak.

4. Kalau terpaksa memakai kaset bekas MDV bekas, pakailah kaset yang bekas, tapi kondisi kaset tidak lembab. Kaset dengan pita yang lengket dapat membut pita kaset menempel pada bagian drum sehingga dapat merusak kaset dan dapat merusak video head.

5. Jangan meninggalkan baterai di dalam kamera saat tidak digunakan. Soalnya kamera masih menarik energi baterai dalam jumlah kecil, namun konstan sehinga dapat menghabiskan baterai.

6. Gunakan baterai kamera sampai benar-benar habis, jangan baterai belum habis (lowbatt) udah maen cas aja.

7. Simpanlah kamera ditempat yang hangat, tidak lembab, tidak membuat kamera kalau ditaruh dalam jangka waktu yang lama tidak terjadi pengaratan.

8. Belilah Tas yang empuk, tas yang direcomended untuk tas sejenis MD, jika terpaksa beli tas biasa, beli tas yang ukuran pas tidak kendor tidak ketat terus belilah bantal-bantalan ukuran atau bantalan khusus untuk bayi (balita) yang banyak dijual dipasar, untuk melindungi bagian-bagian sensitif kamera jika terjadi benturan.

8. Selalu jadwalkan untuk membersihkan body kamera, memakai sikat atau koas untuk membersihkan kamera dari partikel debu. Body oke harga jual kembali pasti bagus.

9. Rawat kamera Anda dengan menyerahkannya pada teknisi yang berpengalaman.

Untuk sementara cukup demikian, tips singkat merawat dan memakai kamera tambun MD9000, yang bisa dibilang cukup manja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar