WELCOME EMANUEL GERE BLOG

WELCOME MY BLOG

Rabu, 27 Oktober 2010

Solusi murah komputer tetap update, ya upgrade!

Kita, sebagai pengguna komputer pastilah mempunyai keinginan untuk mempunyai sebuah komputer dengan performa yang selalu bagus, apalagi jaman sekarang, perkembangan teknologi komputer dan software berkembang dengan sangat cepat, saya jadi ingat waktu awal kuliah dulu, beli komputer dengan spesifikasi yang bisa dikatakan “High End”, eh baru di pakai 1 tahun statusnya dah berubah menjadi “Mid End” ngenes…

Seiring berjalannya waktu, kita sebagai pengguna komputer pastilah merasakan bahwa performa komputer semakin lama semakin lambat, didukung dengan perkembangan teknologi yang kian berkembang dengan pesat membuat spesifikasi komputer yang dibeli 2-3 tahun lalu terasa berat saat menjalankan aplikasi terbaru atau update aplikasi terbaru, software yang digunakan update terus tapi hardware komputernya ga mundak-mundak…. Yang punya uang berlebih sih enak, rela-rela aja menjual komputernya yang sekarang untuk ditukar dengan komputer dengan spesifikasi yang lebih baik, tapi bagi yang mempunyai budget minimal gimana? Nah salah satu alternatifnya adalah mengupgrade komponen komputer.

Melakukan upgrade komputer tidak selamanya menghabiskan dana, karena sebenarnya ada beberapa komponen saja yang bisa diupgrade agar performa lebih baik, apa saja?

* RAM (Random Acess Memory)
RAM mempunyai pengaruh yang cukup signifikan pada kinerja komputer, karena setiap memproses aplikasi yang ada di harddisk selalu disimpan terlebih dahulu di memory (RAM) baru diproses oleh procssor. Misalkan jika Anda menggunakan OS WinXP dengan RAM 256MB, maka saat menggunakan aplikasi standart pastilah tidak merasa berat, tapi bila menjalankan program aplikasi berat seperti aplikasi grafik seperti Coel Draw, Photoshop, dll, maka RAM 256MB akan membuat Anda kehilangan kesabaran untuk menunggu.
Untuk mengupgrade RAM ini memang cukup mudah, beli aja memory yang sesuai dengan mainboard komputermu. Penting untuk diperhatikan adalah jenis memory yang digunakan, bila komputer yang Anda gunakan cukup berumur, misalnya Pentium 3, maka masih menggunakan jenis memory SDRAM sedangkan komputer saat ini rata-rata menggunakan tipe DDR SDRAM, untuk tipe DDR ada tiga tipe yaitu DDR1, DDR2, DDR3, jadi sebelum mengupgrade RAM pastikan dulu jenis RAM yang digunakan pada komputer Anda.
Untuk mengetahui tipe RAM, maka Anda bisa membaca pada buku manual motherboard, disana dijelaskan tentang tipe RAM yang didukung sampe daya maksimal yang bisa digunakan.
* Processor (CPU)
Komponen yang satu ini punya pengaruh cukup besar pada kinerja komputer, tetapi untuk mengupgrade processor tidak semudah mengupgrade memory, karena untuk melepas dan memasang beberapa tipe processor kadang harus memerlukan teknik khusus.
Penting untuk diketahui sebelum melakukan upgrade processor adalah kesamaan soket processor di motherboard. Upgrade processor akan meningkatkan kecepatan hampir di semua program komputer, terutama program yang membutuhkan kinerja tinggi seperti rendering, digital imaging, grafik designer, dll
* VGA (Visual Graphics Adaptor)
Kemampuan VGA punya pengaruh besar untuk menampilkan animasi, game, grafik dengan kompleksitas yang tinggi, jadi jika Anda bergelut di bidang multimedia, maka upgrade VGA cukup disarankan.
Yang perlu diperhatikan ketika meng-upgrade VGA adalah slot yang digunakan, ada slot PCI, VGA, dan PCIExpress. Untuk mengetahui tipenya bisa dilihat di buku manual motherboard atau melihat langsung di motherboard. Terus hal sering terjadi adalah, kita hanya menlai besar memory VGA saja, padahal yang lebih penting adalah clock memory VGA dan GPU frequency.
Contoh VGA 128MB dengan clock memory 500MHz da GPU 400MHz akan lebih cepat dibanding dengan VGA 256MB dengan clock memory 400MHz da GPU 300MHz.
* Hardisk
Harddisk juga punya pengaruh yang signifikan lho walau tidak terlalu besar. Kecepatan putar harddisk jelas berpengaruh pada data-data yang dibaca dan ditulis. Anda bisa meningkatkan performa komputer menggunakan harddisk yang menggunakan teknologi SATA. Sepanjang mainboard Anda mempunyai konektor SATA, maka Anda bisa mengubah harddisk IDE/PATA ke harddisk SATA.
Dengan menggunakan konektor serial pada harddisk SATA dibanding dengan kabel IDE biasa, maka kecepatan transfer data akan meningkat secara signifikan. Selain itu, dengan kabel yang lebih lebar pada harddisk PATA, maka pendinginan dan aliran udara di dalam casing akan lebih banyak yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan performa secara keseluruhan.

Dari beberapa komponen diatas, apabila Anda ingin mengupgrade komputer, Anda tinggal memilih salah satu dari beberapa komponen diatas yang paling Anda butuhkan saat ini untuk meningkatkan performa komputer kesayangan. Nah apabila Anda kesulitan mengetahui spesifikasi komputer yang Anda gunakan, apalagi buku manual komponen udah hilang… tenang saja… saya sudah menyiapkan tools gratis untuk Anda… silahkan download aja disini.

Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar